Analisis Heuristic Evaluation pada situs web Perpustakaan Universitas Mercu Buana (UMB) “digilib.mercubuana.ac.id”

digilibmercubuanaacid

Situs perpustakaan Universitas Mercu Buana Jakarta dibangun sejak 2009 yang beralamat di http://digilib.mercubuana.ac.id Situs ini dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan akses sumber daya informasi yang dimiliki oleh pengguna dan meningkatkan kepuasan pengguna terhadap layanan perpustakaan. Agar situs ini dapat digunakan oleh pengguna secara efektif dan efisien. perlu dilakukan pengujian usability.

Salah satu cara untuk menguji keberhasilan sebuah antarmuka adalah dengan cara analisis Heuristic Evaluation (Nielson, 1995). Ada 10 komponen yang perlu dievaluasi yaitu:

  1. Visibility of system status ; Memastikan pengguna memahami da mengetahui apa yang ada pada system tersebut
  2. Match between system and the real world : Bahasa yang digunakan oleh system sebaiknya tidak jauh berbeda dengan bahasa yang ada di kehidupan nyata.
  3. User control and freedom : Terdapat pilihan yang jelas ketika menggunakan mengerjakan task yang tidak sesuai atau salah.
  4. Consistency and standards : Sistem dirancang dengan suatu standart tertentu dan konsisten sehingga pengguna tidak perlu bertanya-tanya
  5. Error prevention : Antar muka yang baik dapat mencegah pengguna melakukan kesalahan pada awal penggunaan.
  6. Recognition rather than recall : Kurangi beban pengguna untutk mengingat sesuatu.
  7. Flexibility and efficiency of use : Permudah pengguna dalam menggunakan sistem
  8. Aesthetic and minimalist design : Hindari informasi yang tidak relevan
  9. Help users recognize, diagnose, and recover from errors : Ketika pengguna melakukan kesalahan berikan pesan yang jelas dan mudah dimengerti mengunakan bahasa yang sederhana,serta memberikan masalah dengan solusi yang tepat
  10. Help and documentation : Adanya bantuan dan documentasi pada sistem akan sangat membantau pengguna.

 Analisis dan Pembahasan

Adapun  tampilan halaman home pada situs web Perpustakaan UMB adalah sbb:

  1. Visibility of system status

Visibility of system status menekankan bahwa sistem harus selalu memastikan pengguna sadar (aware) atau fokus terhadap informasi apa yang sedang dia hadapi pada sistem tersebut, hal tersebut dapat berupa umpan balik (feedback) dari sistem pada saat yang tepat.

Pad situs web site perpustakaan UMB menampilkan beberapa menu , salah satunya pada menu digital library>e-jurnal. Hasil yang diperoleh bahwa menu ini berisi hyperlink yang mengarahkan atau membawa pengguna pada alamat situs lain. Hal ini tidak sesuai dengan judul menu atau header dari situs
digilibmercubuanaacid_Page_22

digilibmercubuanaacid_Page_31

  1. Match between system and the real world

Pada situs Perpustakaan UMB pada menu digital library menampilkan beberapa gambar cover dari beberapa koleksi buku yang dimiliki perpustakaan. hal ini menunjukkan bahwa cover tersebut sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

 digilibmercubuanaacid_Page_32

  1. User control and freedom

Pada situs web perpustakaan UMB tidak ada Breadcrumb. User akan mengalami kesulitan ketika salah memilih menu. Jika sudah terlanjur, user harus kembali ke menu home atau manu utamanya.

Rekomendasi :

Sebaiknya menu yang sedang akses oleh user dapat diketahui oleh user sehingga user mengerti posisi saat ini user berada.

Contoh :

digilibmercubuanaacid_Page_41

  1. Consistency and standards

Sebagai situs perpustakaan perguruan tinggi seharusnya situs Perpustakaan UMB menyediakan menu “search” yang dapat digunakan untuk mencari informasi yang diperlukan oleh user dengan cepat. Pada saat ini user khususnya civita akademika tentun jika mengakses situs perpustakaan dipastikan bahwa mencari informasi yang berkaitan dengan perpustakaan. hal ini memunjukkan bahwa standar dari sebuah situs perpustakaan perguruan tinggi belum ada pada situs ini.

 

  1. Error prevention

digilibmercubuanaacid_Page_42

Pada situs perpustakaan UMB ada menu untuk user. Setelah dilakukan percobaan dapat dijelaskan sbb:

  • Menu log in mahasiswa tidak diberikan contoh username yang dimaksud oleh situs ini. Username ini dapat berarti ambigu email atau NIM (nomor induk mahasiswa).
  • Saat ada mahasiswa UMB yang mendaftar melalui menu ini, dipastikan tidak akan pernah berhasil karena pada kenyataanya mahasiswa jika ingin registrasi menu ini diharuskan melalui petugas bagain sistem. Hal ini sangat merepotkan user.
  • Menu log in mahasiswa ini dapat dikategorikan tidak berjalan dengan lancar

Rekomendasi :

Menu log in mahasiswa seharusnya dapat dilakukan sendiri oleh mahasiswa sendiri tanpa harus menghubungi petugas bagian sistem informasi. Jika memang harus demikian semestinya ada keterangan yang menjelaskan bahwa user harus menghubungi bagain sistem informasi ini. Jadi mahasiswa sudah mengetahui dari awal bahwa registrasi log ini ini harus melalui petugas bagian sistem informasi

  1. Recognition rather than recall
  • Penggunaan font yang tidak konsisten dan terlalu kecil
  • Warna dasar pada menu yang gelap tidak setara dengan sekelilingnya
  • Situs Perpustakaan UMB menyediakan menu untuk melakukan pengecekan daftar pinjaman yang sedanga atau pernah dipinjam olah user. Sayangnya menu ini tidak dapat berjalan dengan baik.

Rekomendasi :

  • Sebaiknya font yang digunakan harus konsisten
  • Warna background hitam baiknya diganti dengan biru

digilibmercubuanaacid_Page_51       digilibmercubuanaacid_Page_61

  1. Flexibility and efficiency of use

Pada menu “e-tugas akhir” dilakukan pencarian skripsi dengan keyword “bank” maka akan ditampilkan beberapa skripsi yang judulnya memuat kata “bank”. Hasil yang diperoleh sbb:

  • Tidak ditampilkannya berapa banyak data yang ditemukan
  • Jika data banyak, akan ditampilkan halaman nya masing-masing
  • Jika user sudah melihat detail skripsinya maka keyword yang sudah diketik tadi akan hilang. Hal ini menunjukkan sangat tidak efektif

Rekomendasi:

  • Hasil penelusuran semestinya akan ditampilkan jumlahnya sehingga user dpat mengetahui berapa data yang telah ditemukan
  • Jumlah halaman semestinya tidak ditampilkan semua per halaman. Hal ini sangat membuat space yang ada. Baiknya dibuat dengan sistem next dan previous buttos
  • Setiap keyword yang sudah diketik pada menu penelusuran semestinya masih ada meskipun user sudah melakukan task lain. Hal ini akan sangat membantu user dalam hal efisiensi waktu

digilibmercubuanaacid_Page_71

  1. Aesthetic and minimalist design
  • Menu-menu yang disajikan sangat tidak tepat. Dari lokasi home, digital library, katalog english ada pada bagian atas.
  • Pada bagian tengah tepatnya dibawah gambar ada menu profil, fasilitas, layanan, peraturan, dan hubungi kami.
  • Menu “Judul buku baru” dengan running teks sangat tidak nyaman .
  • Format gambar statis (Tetap) yang tidak mencerminkan informasi apa yang ingin disampaikan melalui gambar tersebut
  • Perbandingan ruang kosong pada kanan kiri terlalu banyak sehingga situs nya sendiri menjadi kelihatan kecil.
  • Ejurnal yang berupa gambar banner berada pada paling bawah halaman sehingga user harus melakukan scroll sampai halaman paling bawah

Rekomendasi :

  1. Menu-menu yang akan disajikan semestinya ditampilkan dibagian atas dengan berdasarkan kategori.
  2. Untuk menu katalog seharusnya ditampilkan pada tiap halaman. Hal ini diperlukan karena sebagian user mengakses situs perpustakaan adalah untuk mencari koleksi.
  3. Halaman kosong sebelah kanan kiri yang tidak digunakan seharusnya dikurangi luasnya sehingga dapat memberikan kesan situs ini porposional dengan layar/monitor
  4. Menu Judul buku baru harusnya dibuat dalam bentuk daftar atau tabel yang dapat di filter per periode bulan yang dilengkapi dengan metadatanya dan statusnya

digilibmercubuanaacid_Page_72

 

  1. Help users recognize, diagnose, and recover from errors

Apabila user melakukan kesalahan, situs perpustakaan UMB akan memberikan notifikasi kesalahan. Sebagai contoh pada saat user melakukan kesalahan pada saat log in mahasiswa maka situs akan memberitahu kesalahannya.

Rekomendasi :

  • Seharusnya sebelum pada menu tersebut dituliskan contoh username nya misalnya NIM atau email user. Diharapkan user akan langsung mengetahui apa yang dimaksud dengan username pada situs ini.
  • Lebih baiknya ada bantuan tentang bagaimana untuk log innya, untuk mahasiswa dengan NIM, untuk Dosen karyawan dengan Nomor anggota dan untuk Alumni dengan NIM dan tanggal lahir.
  • Ada manual untuk akses log in 

digilibmercubuanaacid_Page_91

  1. Help and documentation

Tidak adanya menu bantuan atau help atau perihal yang paling sering ditanyakan oleh user atau FAQ (Frequently Asked Questions). Hal ini penting ketika user menghadapi masalah-masalah yang sama atau sering dihadapi olehnya, mereka sudah mendapatkan solusi pemecahannya.

Rekomendasi :

  • Situs web ini idealnya memiliki menu FAQ yang tampil pada tiap page
  • Menu help atau FAQ ini dapat dipilah-pilah berdasarkan kategori permasalahannya misal log in, opac, dan lainnya

 Daftar Pustaka

Nielson J (1995).  10 Usability Heuristics for User Interface Design [internet]. Diakses 1 Februari 2015. Tersedia pada : http://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/

Leave a comment